Danyonkapa 2 Marinir Selaku Danup Pimpin Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila di Balai Kota Surabaya

 

TNI Angkatan Laut, Dispen Kormar (Surabaya). Dalam rangka memperingati hari Lahir Pancasila, Komandan Batalyon Kapa 2 Marinir, Mayor Marinir Yalesesa Milwa Suga memimpin pasukan yang tergabung dalam upacara Hari Lahir Pancasila bertempat di Balai Kota Surabaya, Jl. Walikota Mustajab No. 59 Surabaya. Sabtu (01/06/2024).

Upacara kali ini bertemakan “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” yang diambil langsung oleh Walikota Surabaya Bapak Eri Cahyadi sebagai Inspektur upacara dan diikuti oleh pasukan upacara yang terdiri dari masing-masing satu peleton dari Akademi Angkatan Laut, Kodim 0832 Surabaya selatan, Yonif 5 Marinir, Lanud Muljono, Sat Brimob Polda Jatim, Korsik Bakesbangpol Kota Surabaya, BPBD Kota Surabaya, Dishub Kota Surabaya, DPKP Kota Surabaya, satpol PP Kota Surabaya, dan Korpri Kota Surabaya.

Hari lahir Pancasila juga merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia sehingga kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berkeperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam amanat yang dibacakan inspektur upacara menekankan, ”Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” dikutip dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

Related posts